Beberapa Project Setelah CCU Phase II dan Pesannya Masing-masing - Hamzah Maulana

Post Top Ad

Beberapa Project Setelah CCU Phase II dan Pesannya Masing-masing

Beberapa Project Setelah CCU Phase II dan Pesannya Masing-masing

Share This
Additional Slab for Pebble Crusher—Keunikan Kondisi Existing

Selesainya CCU Phase II, aku “dilempar” ke Pebble Crusher bersama Pak A. Project kali ini adalah penambahan concrete slab di bagian tengah existing structural yang juga men-support Pebble Crusher. Pekerjaan ini dikerjakan oleh kontraktor dengan supervisi dari PD dept. Satu hal yang menarik adalah keunikan kondisi existing dan metode konstruksinya secara umum mulai dari pemasangan formwork, scaffolding, hingga pouring concrete. Crusher tersebut tidak di­shutdown selama sebagian besar aktivitas tersebut berlangsung. Jadi sudah tentu kebisingan adalah musuh utama kami. Ear plug memang mnjadi APD wajib di area concentrating yang juga diwajibkan spesifik untuk project ini. Sequence awal project adalah pembuatan formwork yang tidak mudah—saat itu untuk bagian bawah new slab digunakan bondek. Karena posisinya berada di ketinggian tidak semua struktur formwork dibuat dari ground, tetapi digunakan existing struktur untuk menopang formwork dan tentu saja harus diketahui fungsi serta impact yang mungkin akan terjadi dari existing struktur tersebut. Setelah itu sudah tinggal enaknya saja yaitu pouring concrete. Untuk urusan beton, PT NTT memiliki batching plant lengkap dengan mixer truck. Selain kebutuhan di tambang misalnya shortcrete, batching plant tersebut juga melayani project seperti ini. Pak A yang berkeliling dari datu segment ke segment lain untuk memastikan kualitas beton sesuai kualitas yang direncanakan, juga beberapa kali mengunjungi batching plang dan lab-nya. Salah satu concern utamanya adalah kuat tarik dan tekan beton karena lingkungan crusher yang vibratif.


Additional Structure for Conveyor—Sederhana Tapi Jangan Disederhanakan

Selanjutnya kami bergeser ke sebelahnya untuk project pemasangan additional structure untuk existing conveyor yang menuju ke Pebble Crusher. Seluruh komponen struktural sudah difabrikasi dengan presisi oleh vendor. Sebenarnya poin terpenting dari project ini adalah erection sequence dan site layout yang mencakup equipment maneuver. Project sederhana namun jangan disederhanakan. Poin pertama mengenai erection sequence Sudah harus dipastikan sejak awal (dari drawing dan melihat kondisi exiting) misalnya kolom mana yang di-erect terlebih dahulu, dilanjutkan dengan beam dan bracing yang mana. Untuk membuat project ini selesai sesingkat-singkatnya diperlukan site layout yang baik mencakup material dan equipment maneuver. Harus dianalisis sebisa mungkin mengenai panjang boom dari mobile crane yang digunakan sehingga diketahui jangkauan vertical maupun horizontal-nya. Harus diperoleh posisi yang paling efisien untuk equipment tersebut karena ia akan melakukan dua tugas secara terus menerus yaitu mengambil material dan memasangnya. Efisien berarti efisien dalam pergerakan yang akan berhubungan dengan efisiensi bahan bakar dan berdampak pada biaya. Serta harus dipastikan mengenai inventarisir dan pemberian tanda/kode pada material dan personel yang didedikasikan khusus untuk mengatur material yang akan dipasang. Terakhir adalah metode kerja dan alokasi personel untuk pemasangan baut. Dari sisi safety sudah tentu harus diperhatikan APD dan sertifikasi untuk bekerja di ketinggian. Dari sisi kualitas pekerjaan tentu mereka harus terlatih dan memahami metode dan standard pengencangan baut yang digunakan. Mobilisasi dan sequence personel tersebut sinergi dengan equipment maneuver. Tercapainya goal biaya, mutu, waktu terletak pada perencanaan dan kontrol yang baik. 


Pipeline Replacement Project—Sisi Humanisme Project


Project kali ini adalah penggantian pipa di jalur PAR (primary access road) yang ketika aku masuk sudah dalam tahap pemotongan existing fuel pipe. Satu hal yang paling berkesan dari project ini adalah kekompakan di dalam tim. Pelaksana proyek ini adalah sebuah kontraktor yang memang mengkhususkan diri di bidang perpipaan. Di siang yang panas Pak G “mencampakkan” aku di pinggir jalan itu untuk mengawasi pekerjaan mereka sesuai dengan target produktivitas per hari. Tak lupa ia berpesan soal safety & environmental. Maklum saja project ini di pinggir jalan raya utama di tambang ini dan sedikit saja ada penyimpangan pada kedua hal di atas bisa jadi isu besar. Debu dan berubahnya warna kulit menjadi lebih gelap adalah tantangan nyata untuk project ini. Hiburan datang dari indahnya pemandangan hutan di samping PAR. Wajar saja karena aku baru sebentar disini, lama-lama juga akan bosan seperti kebanyakan rekan lain.  Namun satu hal yang membuatku “bahagia” di project ini adalah mengenai teamwork dan terbangunnya suasana kondusif di antar personel. Mereka langsung menyambutku dengan hangat dan menawarkan minuman dingin. Obrolan mereka pun terasa santai, tak melulu soal kerjaan tapi juga mengenai asal-usulku. Tak hanya sang foreman yang ngobrol denganku, tapi juga seluruh personel. Uniknya sambil sesekali mengobrol sejatinya mereka terus bekerja, seolah sudah biasa dilakukan dan setiap orang paham akan tugas masing-masing. Mereka tahu kapan saatnya fokus dan kapan saatnya intermezzo. Misalnya personel yang bertugas memotong pipa dengan APD lengkapnya tentu saja harus 100% fokus. Namun ketika selesai dan dilakukan proses pemindahan tools ke titik berikutnya ia punya waktu istirahat sejenak yang dimanfaatkan untuk bercanda. Sementara tim mobilisasi dan support yang sebelumnya relatif santai gentian sibuk dengan pemindahan tools tersebut. Setidaknya saat aku berada di project tersebut, target produktivitas per hari selalu tercapai. Sisi humanisme di dalam kesukseskan project tak kalah penting dibanding hal-hal teknis lain.




Selain 3 project  di atas, sebenarnya masih ada beberapa project kecil lain yang sempat 'kusinggahi' secara singkat. Yang pertama adalah Santong Water Treatment Project (yang sebenarnya sudah selesai) dan konstruksi struktur untuk shop salah satu vendor (Supra). Untuk Supra shop project aku ikut mengawasi langsung pekerjaan steel erection untuk salah satu bay.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages